Minggu, 08 Desember 2013

Laporan Anfisman : Organ Dalam Pria dan Wanita

PRAKTIKUM ANATOMI FISIOLOGI MANUSIA

ORGAN DALAM PRIA DAN WANITA









Nama Kelompok 3 :
Cahya Aulia
Eka Fitri Andriani
Musfiroh
Nina Kurniawati
Ni Made Yulianda
KELAS : 2K

JURUSAN FARMASI
FAKULTAS FARMASI DAN SAINS
UNIVEARSITAS MUHAMMADIYAH PROF. DR. HAMKA
JAKARTA
2013

BAB I
PENDAHULUAN

A.   Latar Belakang
Tubuh manusia terdiri atas satu sistem yang di dalamnya terdiri atas organ-organ. Organ tubuh manusia terdiri atas berbagai macam jaringan yang dibangun atas sel-sel. Struktur tubuh manusia dipelajari dalam satu bidang khusus yang dinamakan anatomi. Jaringan di dalam tubuh manusia dipelajari dalam histology, sementara cabang ilmu yang mempelajari masalah sel, yaitu sitologi.
Tubuh manusia, seperti tubuh hewan, terdiri atas sistem, yang terdiri atas organ-organ, yang terdiri atas jaringan, yang terdiri atas sel.
Organ adalah kumpulan dari beberapa jaringan untuk melakukan fungsi tertentu di dalam tubuh sedangkan sistem tubuh adalah gabungan dari organ-organ tubuh yang menjalankan fungsi tertentu.
Makhluk hidup multiseluler adalah organisme dengan kompleksitas sistem yang tinggi. Pada organisme multiseluler, fungsi-fungsi hidupnya ditopang oleh sistem organ. Sistem organ terdiri atas beberapa organ yang bekerja sama menjalankan suatu proses yang menunjang kehidupan seluruh sistem-sistem organ yang lain. Keseluruhan sistem organ tersebut, akhirnya membentuk satu individu organisme.



BAB II
TINJAUAN PUSTAKA

Organ adalah bagian tubuh yang tersusun dari jaringan-jaringan. Organ memiliki fungsinya masing-masing. Tumbuhan dan hewan pun juga memiliki organ. Contoh organ yang dimiliki oleh tumbuhan yaitu akar, batang, daun, bunga, buah dan juga biji. Sedangkan organ yang dimilki hewan hampir sama dengan yang dimilki oleh manusia yaitu seperti jantung, paru-paru, mata, otak, lambung, hati, usus, tulang dan masih banyak yang lainnya.
Tubuh manusia yang terdiri atas organ-organ itu dibagi ke dalam dua jenis organ, yaitu organ luar dan organ dalam. Berikut ini adalah conntoh organ yang dimiliki oleh manusia beserta fungsinya.
Tenggorokan , adalah bagian dari leher yang terdiri dari faring dan larimg. Tenggorokan memiliki sebuah selaput otot yang dinamakan epiglottis yang berfungsi untuk memisahkan esofagus dari trakea dan mencegah makanan dan minuman untuk masuk ke saluran pernapasan. Tenggorokan itu terdiri dari 2 bagian, yaitu jalan makan dan jalan napas.
Jantung, berfungsi untuk memompa darah ke seluruh tubuuh. Darah merupakan organ yang berfungsi untuk menyediakan oksigen ke seluruh tubuh dan membersihkan tubuh dari hasil metabolisme (karbondioksida).
Pankreas adalah organ yan berkaitan dengan sistem pencernaan manusia yang mengatur kadar insulin dalam darah.
Hati adalah organ yang berperan penting dalam metabolisme dan memiliki beberapa fungsi dalam tubuh, termasuk penyimpanan glikogen, sintesis protein plasma, dan penetralan obat. Dia juga memproduksi biole, yang penting dalam pencernaan.
Ginjal adalah organ ekskresi dalam vetebrata yang berbentuk mirip kacang. Sebagai bagian dari sistem urin, ginjal berfungsi menyaring kotoran (terutama urea) dari darah dan membuangnya bertsama air dalam bentuk urin.
Paru-paru adalah organ pada sistem pernapasan (respirasi) dan berhubungan dengan sistem peredaran darah (sirkulasi) vertebrata yang bernapas dengan udara. Fungsinya adalah menukar oksigen darui udara dengan karbondioksida dari darah.
Limpa adalah kelenjar tanpa saluran yang berhubungan erat dengan sistem sirkulasi dan berfungsi menghancurkan sel darah merah tua. Organ tubuh manusia ini dianggap merupakan salah satu pusat kegiatan pada sistem retikuloendotelium.
Lambung adalah organ tubuh manusia setelah kerongkongan yang berfungsi untuk menghancurkan atau mencerna makanan yang ditelan dan menyerap sari atau nutrisi makanan yang penting bagi tubuh.
Usus adalah bagian dari sistem pencernaan yang bermula dari lambung hingga anus. Pada manusia, usus kecil terbagi lagi menjadi duodenum, jejunum, dan ileum, sedangkan usus besar terbagi menjadi cecum, kolon, dan rektum.
Usus halus atau usus kecil adalah bagian dari saluran pencernaan yang terletak antara lambung dan usus besar.
Usus besar adalah bagian usus antara usus buntu dan rektum. Fungsi utama organ tubuh manusia ini adalah menyerap air dan feses. Bagian kolon dari usus buntu hingga pertengahan kolon melintang sering disebut degan ‘kolon kanan’, sedangkan bagian sisanya sering disebut dengan ‘kolon kiri’.
Usus dua belas jari adalah bagian dari usus halus yang terletak sete;lah lambung dan menghubungkannya ke usus kosong. Bagian usus dua belas jari merupakan bagian terpendek dari usus halus. Fungsinya adalah bertanggung jawab untuk menyalurkan makanan ke usus halus.
Empedu adalah cairan bersifat basa pahit dan berwarna hijau kekuningan, yang disekresikan oleh hepatosit hati.
Nantinya organ-organ yang ada dalam tubuh manusia akan saling berhubungan dan membentuk apa yang dimakan dengan sistem organ. Dalam anatomi tubuh manusia dikenal beberapa sistem dengan tugas dan fungsi yang satu sama lain berbeda. Sistem-sistem dalam tubuh manusia tersebut di antaranya adalah sistem kekebalan tubuh, sistrem ekskresi, sistem pernafasan, sistem pencernaan, sistem reproduksi, sistem syaraf, sistem endokrin, sistem otot, sistem rangka.



BAB III
METODOLOGI PRAKTIKUM

A.   Waktu dan Tempat

Praktikum ini dilaksanakan pada hari Kamis, tanggal 28 Maret 2013, pukul 13.00 – 15.20 WIB, dan bertempat di Laboratorium Anatomi Fisiologi Manusia, Fakultas Farmasi dan Sains, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka.

B.   Alat

Alat yang digunakan untuk praktikum ini adalah :

1.      Alat peraga
2.      Alat tulis

C.   Bahan

Bahan yang digunakan untuk praktikum ini adalah :

1.      Alat peraga pria
2.      Alat peraga wanita

D.   Prosedur Kerja

Prosedur kerja yang dilakukan pada praktikum kali ini adalah, sebagai berikut :

1.      Menyediakan alat dan bahan yang akan digunakan
2.      Mengamati alat peraga serta menyebutkan bagian-bagian serta fungsinya

BAB IV
HASIL DAN PEMBAHASAN

A.   Hasil

1.  Organ dalam wanita

Keterangan :
è Ovarium
Fungsi ovarium yakni menghasilkan ovum (sel telur) serta hormone esterogen dan progesteron.
è Tuba falopi
Fungsi menyalurkan ovum dari ovarium menuju uterus.
è Fimbrae
Fungsi menangkap ovum yang dikeluarkan ovarium untuk disalurkan ke tuba falopi
è Uterus
Fungsi tempat perkembangan zigot apabila terjadi fertilistasi
è Vagina
Fungsi saluran akhir dari saluran reproduksi bagian dalam pada wanita.
è Vulva
Fungsi merupakan celah paling luar dari organ kelamin wanita. Vulva terdiri dari mons pubis (mons veneris) merupakan daerah atas dan terluar dari vulva yang banyak mengandung jaringan lemak. Pada masa pubertas daerah ini mulai ditumbuhi oleh rambut.
è Uretra
Fungsi saluran kencing
è Pubis
Merupakan tulang penyangga kemaluan

2. Organ dalam pria

Keterangan :
è Testis
Fungsi alat untuk memproduksi sperma dan hormone kelamin jantan yang disebut testoteron.
è Epididimis
Fungsi tempat penympanan sementara sperma menjadi matang dan bergerak menuju vas deferens
è Vas deferens
Fungsi saluran tempat jalannya sperma dari epididimis menuju kantung semen atau kantung mani (vasikula sminalis)
è Saluran ejakulasi
Untuk mengeluarkan sperma agar masuk ke uretra.
è Uretra
Fungsi sebagai saluran kemih yang berasal dari kantung semen dan saluran untuk membuang urin dari kantung kemih.
è Vesikula semianalis/kantung semen (kantung mani)
Fungsi merupakan kelenjar berekuk lekuk yang terletak dibelakang kantung kemih. Dinding vesikula semianalis menghasilkan zat makanan yang merupakan sumber makanan bagi sperma.

è Kelenjar prostate
Fungsi menghasilkan getah yang mengandung kolestrol,garam dan fosfolipid yang berperan untuk kelangsungan hidup sperma.
è Penis
Terdiri dari 3 rongga yang berisi jaringan spons. Dua rongga yang terletak dibagian atas berupa jaringan spons korpus kavernosa. Satu rongga lagi berada di bagian bawah yang berupa jaringan spons korpus spongiosum yang membungkus uretra. Uretra pada penis dikelilingi oleh jaringan erektil yang rongga-rongganya banyak mengandung pembuluh darah dan ujung-ujung syaraf perasa. Bila ada suatu rangsangan,rongga tersebut akan terisi penuh oleh darah sehingga penis menjadi tegang dan mengembang (ereksi).
è Strokum
Fungsi kantung yang didalamnya berisi testis. Stroktum berjumlah sepasang,yaitu stroktum kanan dan stroktum kiri. Stroktum merupakan tempat pembentukan sperma (spermatogenesis) yang membutuhkan suhu yang stabil,yaitu beberapa derajat lebih rendah daripada suhu tubuh.



B.   Pembahasan

Organ adalah kumpulan dari beberapa jaringan untuk melakukan fungsi tertentu di dalam tubuh sedangkan sistem tubuh adalah gabungan dari organ-organ tubuh yang menjalankan fungsi tertentu.
Organ adalah bagian tubuh yang tersusun dari jaringan-jaringan. Organ memiliki fungsinya masing-masing. Tumbuhan dan hewan pun juga memiliki organ. Contoh organ yang dimiliki oleh tumbuhan yaitu akar, batang, daun, bunga, buah dan juga biji. Sedangkan organ yang dimilki hewan hampir sama dengan yang dimilki oleh manusia yaitu seperti jantung, paru-paru, mata, otak, lambung, hati, usus, tulang dan masih banyak yang lainnya.

Tubuh manusia yang terdiri atas organ-organ itu dibagi ke dalam dua jenis organ, yaitu organ luar dan organ dalam. Berikut adalah contoh organ yang dimiliki oleh manusia beserta fungsinya.

1.      Jantung

Jantung (bahasa Latin, cor) adalah sebuah rongga, organ berotot yang memompa darah lewat pembuluh darah oleh kontraksi berirama yang berulang. Istilah kardiak berarti berhubungan dengan jantung, dari Yunani cardia untuk jantung. Jantung adalah salah satu Organ Tubuh Manusia yang berperan dalam sistem peredaran darah.

Fungsi jantung adalah untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Darah merupakan organ yang berfungsi untuk menyediakan oksigen ke seluruh tubuh dan membersihkan tubuh dari hasil metabolisme (karbondioksida).

Jantung merupakan salah satu organ untuk sistem sirkulasi.
Sistem sirkulasi, sistem ini berfungsi mengangkut dan mendistribusikan oksigen, air, dan sari makanan berupa molekul-molekul organik seperti glukosa.




BAB V
KESIMPULAN

Berdasarkan hasil pengamatan dan pembahasan dapat disimpulkan sebagai berikut:
System reproduksi wanita terdiri dari :
  1. Ovarium
  2. Tuba falopi
  3. Fimbrae
  4. Uterus
  5. Vagina
  6. Vulva
  7. Uretra
  8. Pubis
System reproduksi laki-laki terdiri dari :
  1. Testis
  2. Epididimis
  3. Vas deferens
  4. Uretra
  5. Vasikula semianalis
  6. Kelenjar prostate
  7. Pensi
  8. Sikrotum


DAFTAR PUSTAKA

Frandson, 1992. Anatomi dan fisiologi ternak.gadjah mada university press.yogyakarta.
Kelley, R., 1995. Histologi dasar . EGC. Jakarta.
Pearce, E.,2004. Anatomi dan fisiologi manusia untuk paramedis. Gramedia pustaka utama.jakarta
Syaifuddin,2006. Anatomi dan fisiologi untuk mahasiswa keperawatan. Buku kedokteran EGC. Jakarta .
(http://www.docstoc.com/docs/25972416/sistem-alat-gerak).


Tidak ada komentar:

Posting Komentar